Senin, 02 Mei 2011

Mengenal Gank Setan




Mengenal Gank Setan
Gank setan adalah sekumpulan manusia dan jin yang dipimpin oleh iblis untuk menjauhkan orang-orang yang beriman dari jalan yang diridhai oleh Allah SWT. Jiwa satanisme di awali sejak penciptaan Nabi Adam as di mana iblis merasa tersaingi oleh kehadiran bapak kita dan enggan bersujud ketika Allah menyuruh semua malaikat bersujud.
Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk, Maka apabila Aku Telah menyempurnakan kejadiannya, dan Telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, Maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud. Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama-sama, Kecuali iblis. ia enggan ikut besama-sama (malaikat) yang sujud itu.  Allah berfirman: "Hai iblis, apa sebabnya kamu tidak (ikut sujud) bersama-sama mereka yang sujud itu?"  Berkata Iblis: "Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau Telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk"  Allah berfirman: "Keluarlah dari surga, Karena Sesungguhnya kamu terkutuk,  Dan Sesungguhnya kutukan itu tetap menimpamu sampai hari kiamat".  Berkata Iblis: "Ya Tuhanku, (kalau begitu) Maka beri tangguhlah kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan,  Allah berfirman: "(Kalau begitu) Maka Sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguh, Sampai hari (suatu) waktu yang Telah ditentukan,  Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau Telah memutuskan bahwa Aku sesat, pasti Aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma'siat) di muka bumi, dan pasti Aku akan menyesatkan mereka semuanya,  Kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka".
QS. Al-Hijr : 28-40

Bersama antek-anteknya iblis kemudian berusahah semaksimal mungkin untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah dengan berbagai cara. Mulai dari tragedi Habil dan Qabil hingga Pembodohan kaum Quraisy dalam menyekutukan Allah dengan berhala. Mereka berpadu dalam sebuah gerakan penyesatan yang teroganisir dan konsisten selama ribuan tahun bahkan hingga hari kiamat nanti. Siasat yang telah di patenkan oleh iblis di antaranya


1.       Melenakan dari mengingat Allah
Pekerjaan yang sesuai dengan apa yang diinginkan menjadikan seseorang terkurung dalam zona nyaman. Terkadang rasa nyaman tersebut menimbulkan keterlenaan yang berlebihan. Contohnya ketika adzan dikumandangkan, banyak orang yang sibuk dengan pekerjaannya  mengabaikan seruan tersebut. Bahkan saking khusyunya menikmati pekerjaan itu, ia seolah tak mendengar suara suara yang ada di sekitarnya. Dalam kondisi seperti ini setan dapat dengan mudah memasuki pikiran seseorang dengan bisikan-bisikan yang seolah memberikan keringanan atas dosa yang diperbuat oleh orang lalai tersebut.

Dan dia (Yusuf) berkata kepada orang yang diketahuinya akan selamat di anatara mereka berdua, “Terangkanlah keadaabku kepada kedua tuanmu.” Maka setan menjadikan dia lupa untuk menerangkan keadaan Yusuf kepada tuannya. Karena itu dia (yusuf) tetap dalam penjara beberapa tahun lamanya.
QS. Yusuf : 42
 
2.       Membuat Was-was
Permasalahan yang pelik terkadang membuat seseorang ragu akan adanya jalan keluar. Setan merubah keragua-raguan  itu menjadi rasa was-was. Hingga pada puncaknya was-was ini menimbulkan penyakit berupa prasangka buruk pada Allah sehingga ia berlepasa dari tawakal kepada-Nya.
Katakanlah : Aku berlindung kepada Tuhan-nya Manusia, Raja manusia, Sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikan kejahantan ke dalam dada manusia, dari golongan jin dan manusia.
QS. An Nas: 1-6
3.       Manakut-nakuti
Bagi masyarakat kita peristiwa-peristiwa ganjil seperti penampakan dan kesurupan merupakan hal yang menakutkan. Oleh karenanya karena banyak rumor aneh-aneh yang beredar pada masyarakat kita menjadikan kesempatan bagi setan untuk mengelabui dengan menakut-nakuti. Penapakan Pocong, kuntilanak, sampai genderuwo adalah siasat setan dalam menurunkan mental dan akidah.

Sesungguhnya mereka hanyalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya, karena itu janganlah kamu takut kepda mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang beriman.
QS. Ali Imran : 175

4.       Memanjangkan angan-angan
Banyak kegiatan-kegiatan unik yang dilakukan oleh masyarakat kita yang sebenarnya hanya merugikan diri sendiri saja yang  di dalam agama Islam tidak memperkenankan hal tersebut. Kegiatan seperti memberi sesembahan kepada Nyai Roro Kidul hanyalah sebuah kesia-siaan dalam memenuhi angan-angan belaka. Kepercayaan bahwa menikah dengan Nyi Blorong, bersemedi di sebuah gunung, mengambil kotoran sapi dalam sebuah ritual, dan ritual aneh lainnya menunjukan betapa lemahnya keimanan umat ini. Dengan penuh khayalan ia melakukan hal-hal menyimpang demi mendapatkan kepentingan duniawi.  Pada intinya itu semua adalah bagian dari misi setan dalam menciptakan sifat manusia yang dangkal akidah, lemah mental, dan pengkhayal berat.

Setan mengatakan : Aku pasti akan mengambil bagian tertentu dari hamba-hamba-Mu dan pasti akan kusesatkan mereka, dan akan kubangkitkan angan-angan kosong pada mereka, dan akan ku suruh mereka memotong telinga-telinga binatang ternak (lalu mereka benar-benar memotongnya), dan akan ku suruh mereka mengubah ciptaan Allah (lalu mereka benar-benar mengubahnya). Barang siapa menjadikan setan selain pelindung selain Allah, maka sungguh, dia menderita kerugian yang nyata.
QS. An Nisa : 118-119

5.       Membuat indah perbuatan yang diharamkan oleh Allah
Pada dasarnya Allah dan Rasulnya menyukai keindahan, ketertarika seorang manusia terhadap sesuatu yang indah adalah fitrah. Namun keindahan dapat bersifat semu jika bersumber dari tipu muslihat setan. Setan dapat membuat segelas khamr yang berbau tape seolah menjadi segelas madu, setan dapat membuat wanita miskin berwajah pas-pasan sangat cantik di hadapan seorang pria tampan, dan setan dapat membuat mencuri hak-hak orang lain terasa ringan dilakukan. Apapun yang terlihat buruk dapat berubah seolah menjadi baik dengan rekayasa setan. Oleh karena itu hendaklah kita palingkan wajah kita dari hal-hal tersebut.

Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau Telah memutuskan bahwa Aku sesat, pasti Aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma'siat) di muka bumi, dan pasti Aku akan menyesatkan mereka semuanya,  Kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka".
QS. Al-Hijr : 39-40

6.       Menipu daya
Wahai anak cucu adam! Janganlah sampai kamu tertipu oleh setan sebagimana halnya ia mengeluarkan ibu bapakmu dari surga, dengan menanggalkan pakaian keduanya. Sesungguhnya dia dan pengikutnya dapat melihat kamu dari suatu  tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.
QS. Al-‘Araf : 27
Untuk mengelabui setan biasanya mengaku-ngaku sebagai penghuni suatu tempat, orang tua, atau leluhur. Sering kali orang awam tertipu oleh ucapan setan sekalipun ia bernotabene seorang ustad atau kyai. Kurangnya pemahaman terhadap karakteristik setan, menyebabkan benyak orang yang tertipu olehnya sehingga dengan mempercayai tipuannya tersebut, Setan justru semakin dibela dan terlindungi.

7.      Menyesatkan
Inilah tahap terakhir dari misi setan yaitu menjauhkan manusia dari jalan Allah. Dengan langkah-langkah di atas setan targetkan kesesatan sampai mati sebagai titik dari misi mereka. Akibatnya orang-orang yang telah disesatkan melakukan perbuatan yang hina seperti menyembah berhala, berakhlak buruk, bergantung pada ramalan, dan melakukakan perbuatan syirik lainnya.
Iblis menjawab : Demi kemuliaan-Mu, pasti aku akan menyesatkan mreka semuanya.
QS. Sad : 82
Kesesatan adalah puncak dari target Iblis dan pengikutnya dalam menjauhkan umat manusia dari jalan Allah. Pada tahapan ini tugas setan semakin mudah, karena tanpa harus dibiskan pada jalan yang menyimpang, korbannya telah jauh menyimpang dari jalan kebenaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar